Persentase Bagian Penghasilan untuk Ditabung

Bingung gak sama judul di atas? Bingung sih cari judul yang tepat. Seharusnya judulnya begini: Persentase Penghasilan yang Disisihkan untuk Ditabung. Nah, kalau baca judulnya begitu lebih bisa dimengerti, kan? Cuma saya suka judul yang gak terlalu panjang.

Jadi, maksud artikel ini seperti ini: kalau penghasilan Anda Rp 1 juta / bulan, berapa persen yang harus disisihkan untuk ditabung? Kalau penghasilan anda Rp 10 juta / bulan, berapa persen yang harus disisihkan untuk ditabung?

Kalau menurut para pakar keuangan, bagian penghasilan yang harus disisihkan untuk ditabung setiap bulan adalah 30% dari penghasilan Anda. Sisanya yang 70% silakan dihabiskan. Jadi kalau penghasilan anda Rp 1 juta / bulan, tabunglah Rp 300 ribu dan pakailah Rp 700 ribu.

Tapi dengan rumus 30% itu muncul banyak kendala. Bagaimana kalau gaji saya cuma Rp 750 ribu? 30% dari 750.000 kan 225.000, jadi sisanya cuma 525.000, mana cukup segitu buat hidup? Rp 750.000 saja rasanya sudah sangat kurang sekali, apalagi kalau harus dipotong lagi. Terus gimana dengan orang-orang yang gajinya Rp 500.000? Untuk yang gajinya Rp 5 juta sih gak ada masalah, potong saja 30% masih ada Rp 3,5 juta, masih sangat cukup untuk bisa hidup kecukupan.


Ya, saya memahami hal itu karena saya juga mengalaminya. Maka dari itu, menurut saya bagian penghasilan yang harus disisihkan untuk ditabung adalah 10% dari penghasilan Anda. TIDAK DAPAT DITAWAR LAGI!!! Saya sangat yakin sekali semuar orang bisa menyisihkan 10% dari penghasilannya untuk ditabung. Buat yang penghasilannya Rp 750.000, masih ada sisa Rp 675.000, saya yakin kalau kita mau kita pasti bisa menyisihkan 10%. Paksa diri Anda!

Mungkin Anda berpikir, ah nabung cuman Rp 75.000 kapan kayanya? Keburu mati. Nah, pertanyaannya, kalau gak mati-mati gimana? Gak punya tabungan lagi.. apa mau bunuh diri? Percayalah menabung sekecil apa pun pasti ada manfaatnya.

OK, untuk yang punya penghasilan besar, misalnya Rp 10 juta / bulan, saya yakin Anda bisa menabung sampai 30. Anda masih punya Rp 7 juta untuk dihabiskan. Kalau masih merasa susah, coba turunkan sedikit standar gaya hidup Anda. Kalau Anda bisa menabung 30% per bulan, peluang Anda pensiun dengan tenang bisa dibilang sudah 100%.

Paksakan diri Anda untuk menabung minimal 10% dari penghasilan Anda. Kalau Anda tidak terima gaji bulanan, misalnya terima komisi, sisihkan 10% dari komisi Anda setiap kali Anda dapt komisi untuk ditabung. Kalau masih merasa susah, kurangi pengeluaran yang dapat dikurangi, misalnya kalau Anda merokok, kurangi jumlah batang rokok yang Anda hisap, lebih baik lagi berhenti sekalian.

Ingat masa depan menanti dengan penuh ketidakpastian. Kalau punya tabungan, Anda akan lebih siap menghadapi hidup.

Menabunglah!

Comments

0 Responses to "Persentase Bagian Penghasilan untuk Ditabung"

Post a Comment

Tentang Blog Ayo Menabung

Blog ini berisi artikel-artikel yang mengajak semua orang Indonesia untuk menabung demi masa depan yang lebih baik. Semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkini

Komentar Terkini