Memberi dulu, baru menerima

Dari buku-buku yang saya baca, terutama buku-buku motivasi dan kepribadian, sering sekali disebutkan bahwa kita harus memberi sebelum kita menerima.

Kalau dulu kita sering dengar TAKE AND GIVE, sekarang menjadi GIVE AND TAKE. Berilah dulu, maka kita akan menerima. Jangan berharap kita menerima dulu baru memberi. Itu keenakan namanya, nantinya pasti kita maunya nerima terus tanpa mau memberi.

Contohnya, dalam bekerja, kita harus bekerja dulu, baru kita menerima gaji. Kalau kita tidak bekerja, kita tidak akan menerima gaji, bukan? Kita berikan dulu jasa kita, dan kita akan menerima imbalannya.

Selain itu, sering-seringlah juga memberi dengan cara membantu orang lain, memberi sedekah misalnya. Atau juga membantu teman / saudara dalam pekerjaan mereka. Jangan takut bakal tersaingi, dengan membantu orang lain untuk maju, kita juga akan semakin maju. Saya sudah melihat orang-orang yang suka membantu orang lain hidupnya makin sejahtera dan sukses.


Kalau diperhatikan, kebanyakan orang-orang yang telah sukses mau untuk membantu orang lain menjadi sukses seperti dirinya. Maka ia sendiri pun semakin sukses saja. Coba deh banak bergaul dengan orang-orang sukses, maka Anda akan tahu apa yang saya maksud. Orang-orang sukses yang sombong dan tidak mau membantu orang lain biasanya kesuksesannya tidak bertahan lama.

Berusahalah untuk banyak memberi tanpa berharap untuk mendapatkan imbalan, karena imbalan itu akan datang dengan sendirinya. Di tempat kerja, berikan yang terbaik dari diri Anda untuk perusahaan tempat Anda bekerja. Jangan berpikir, "Ah, gaji kecil ini, sudah saja kerjanya juga sedikit dan malas-malasan." Jangan biarkan gaji yang menurut Anda kecil (mungkin besar buat orang lain) membuat Anda jadi malas bekerja. Kalau Anda berprestasi lebih, pasti Anda akan terperhatikan oleh atasan Anda, dan tinggal tunggu waktu untuk naik jabatan, misalnya.

Misal lagi, berilah klien-klien / customer Anda sesuatu yang lebih, seperti pelayanan yang memuaskan, bukan pelayanan asal-asalan, maka hampir dapat dipastikan klien Anda akan setia pada Anda.

Hilangkan konsep menerima baru memberi (take and give) dari pikiran Anda, dan mulailah untuk memberi, maka Anda akan menerima.

Comments

0 Responses to "Memberi dulu, baru menerima"

Post a Comment

Tentang Blog Ayo Menabung

Blog ini berisi artikel-artikel yang mengajak semua orang Indonesia untuk menabung demi masa depan yang lebih baik. Semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkini

Komentar Terkini