Kartu Kredit

Apa sih kartu kredit itu? Kartu kredit itu sebuah kartu yang bentuknya seperti kartu ATM, dimana kita bisa pakai untuk melakukan pembayaran apa saja selama tempat kita membayar menerima pembayaran dengan kartu kredit. Karena kita bayar dengan kartu plastik ini, kita kan tidak keluar uang, saat itu pulalah kita berutang ke bank. Jadi sesuai namanya, kartu kredit adalah kartu utang, kita beli barang dengan mengutang ke bank, kemudian setelah jatuh tempo baru kita bayar utang kita ke bank.

Di negara-negara maju, sudah sangat jarang orang berbelanja dengan uang tunai, kebanyakan sudah menggunakan kartu kredit. Kartu kredit menawarkan berbagai kemudahan. Kita tinggal gesek, dan langsung bisa bawa pulang barang yang kita mau. Tapi kartu kredit ada limitnya. Limit ini adalah jumlah total pembelanjaan yang dapat kita lakukan. Misalnya limit kartu kredit kita adalah Rp 4 juta, maka kita tidak boleh belanja lebih dari limit tersebut. Kalau kelebihan, kita akan kena denda dan untuk transaksi selanjutnya kartu kredit kita akan ditolak (tidak bisa dipakai lagi) sampai kita melunasi semua atau sebagian utang kita.


Biasanya kartu kredit ada 3 macam, Silver, Gold, dan Platinum. Silver itu yang paling biasa dengan limit sekitar 3-4 juta, gold dan platinum limitnya semakin besar. Bahkan ada yang limitnya sampai 100 juta, wah bisa beli mobil pakai kartu kredit! Tapi itu hanya untuk orang-orang terpilih dimana bank percaya mereka pasti dapat melunasi utangnya. Biasanya sih untuk nasabah-nasabah besar yang tabungannya juga sangat besar.

Kartu kredit juga ada biaya tahunannya, untuk silver biasanya Rp 100.000,-, gold Rp 250.000,-, platinum lebih mahal lagi. Tapi itu biasanya lho, tergantung masing-masing program dari bank penerbit kartu. Bahkan ada yang menawarkan gratis iuran tahunan selamanya! Tapi hati-hati, ada syarat dan ketentuan yang berlaku. Untuk saat ini, program yang paling banyak ditawarkan adalah gratis iuran tahun pertama. Nah, kalau begitu, kita buat saja yang gratis iuran tahun pertama, untuk tahun ke-2 kita tutup kartu kreditnya, bikin yang baru lagi yang gratis, gimana?

Kartu kredit ada positifnya dan ada negatifnya. Sebetulnya menurut saya yang lebih banyak kemungkinan terjadinya adalah negatifnya. Begini, keuntungan kartu kredit adalah:
  • Kita tidak perlu membawa uang tunai untuk berbelanja.
  • Dapat digunakan untuk keadaan darurat dimana kita tidak siap dengan uang tunai, misalnya saat terjadi kecelakaan dan harus masuk rumah sakit.
  • Dapat membantu mengatur cash flow.
  • Dapat digunakan untuk membayar pengeluaran rutin seperti telepon, listrik, premi asuransi, dll.

Terus kenapa saya bilang kemungkinan terjadi yang lebih besar adalah negatifnya? Karena dengan kartu kredit kita bisa kelepasan berbelanja. Saat kita melihat barang yang tadinya tidak direncanakan untuk dibeli, tapi kita sangat suka, dan kita tidak bawa uang, ah.. sudah saja gunakan kartu kredit! Inilah yang paling sering terjadi kepada pengguna kartu kredit. Pengendalian diri adalah kuncinya!

Kita juga sering tidak ingat sudah berapa besar utang kartu kredit kita sampai saat ini, sehingga utang kita terus bertumpuk. Nanti pada saat tagihan datang kemudian jatuh tempo, kita tidak dapat membayar lunas semua utang kita, sehingga kita hanya bayar sebagian dan akhirnya kena bunga kartu kredit yang besar dan sangat merugikan.

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan kartu kredit:
  • Sebisa mungkin lunasi semua hutang Anda sebelum / pada saat jatuh tempo tagihan Anda untuk menghindari bunga.
  • Bunga kartu kredit luar biasa jahatnya. Di posting selanjutnya saya akan tunjukkan bagaimana cara menghitung bunga kartu kredit yang tidak diketahui kebanyakan orang dan sering salah dimengerti sebagai bunga kredit bank biasa.
  • Usahakan untuk tidak ambil uang di ATM menggunakan kartu kredit karena bunganya lebih tinggi.
  • Perhatikan limit kartu kredit Anda, jangan sampai over limit karena akan kena denda (bank menyebutnya biaya over limit).
  • Gunakan kartu kredit (kalau perlu) sedekat mungkin setelah tanggal penagihan. Misalnya tanggal statement Anda adalah tanggal 15 setiap bulan, kalau Anda gunakan tanggal 16, berarti Anda punya waktu hampir 1 bulan sampai ke penagihan berikutnya (tanggal 15 bulan berikutnya). Kalau Anda sudah punya uang untuk membayar tagihan itu, kan bisa dibunga-in dulu, misalnya di deposito On Call (deposito yang jangka waktunya per minggu).
  • Jangan bangga kalau di dompet kita banyak kartu kredit. Itu kan artinya kita punya banyak utang.
  • Sebisa mungkin gunakan hanya 1 buah kartu kredit. Jangan punya terlalu banyak kartu kredit karena kita akan dibebani biaya tahunan yang semakin besar. Lebih baik biaya tahunannya ditabung kan? Selain itu, kalau punya banyak kartu kredit, kecenderungan kita untuk berbelanja barang-barang yang sebetulnya tidak perlu-perlua amat akan semakin besar.
  • Gunakan kartu debit untuk berbelanja. Kalau saldo Anda di bank sudah habis, Anda tidak akan bisa belanja. Lebih terkontrol!

Sekarang ini bank-bank berlomba-lomba untuk mendapatkan nasabah kartu kredit. Sering sekali kita lihat penawaran kartu kredit dengan berbagai macam keuntungannya. Sering juga kita ditelepon oleh pihak bank untuk menawarkan kartu kredit, entah mereka dapat data kita dari mana. Saya suka heran, perasaan sekarang kok banyaknya bank minta kita untuk berutang, bukannya minta kita untuk menabung... padahal mana coba yang lebih baik, menabung atau berutang?

Kartu kredit adalah sebuah instrumen keuangan yang sangat bermanfaat dan sangat positif selama kita menggunakannya dengan bijaksana. Sekali lagi, pengendalian diri adalah kunci dari penggunaan kartu kredit yang bijaksana.

Comments

1 Response to "Kartu Kredit"

Unknown said... December 11, 2015 at 4:39 PM

Kami ingin menginformasikan masyarakat umum bahwa Ricadonna Keuangan Perusahaan saat ini memberikan pinjaman pada tingkat yang terjangkau suku bunga 2% per tahun. Kami memberikan jumlah pinjaman minimal 10,000.00 EUR dan jumlah maksimum 100.000.000,00 EUR. Jika Anda membutuhkan pembiayaan untuk ekspansi bisnis, tujuan pertanian, pembayaran utang dan pinjaman pendidikan maka kita dapat sangat membantu dan bantuan kepada Anda. Untuk lebih bertanya tentang program kredit kami kami menyarankan Anda menghubungi email resmi kami dinyatakan di bawah:

joycerolandloancompany@gmail.com

Post a Comment

Tentang Blog Ayo Menabung

Blog ini berisi artikel-artikel yang mengajak semua orang Indonesia untuk menabung demi masa depan yang lebih baik. Semoga bisa bermanfaat.

Artikel Terkini

Komentar Terkini